Berdasarkan
hasil studi yang telah dilakukannya, Southern Regional
Education Board (SREB) telah
mengidentifikasi 13 faktor kritis terkait dengan keberhasilan kepala sekolah
dalam mengembangkan prestasi belajar siswa. Ketigabelas faktor tersebut adalah:
1. Menciptakan misi yang terfokus pada upaya peningkatan
prestasi belajar siswa, melalui praktik kurikulum dan pembelajaran yang
memungkinkan terciptanya peningkatan prestasi belajar siswa.
2. Ekspektasi yang tinggi bagi semua siswa dalam mempelajari
bahan pelajaran pada level yang lebih tinggi.
3. Menghargai dan mendorong implementasi praktik pembelajaran
yang baik, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar siswa.
4. Memahami bagaimana memimpin organisasi sekolah, dimana
seluruh guru dan staf dapat memahami dan peduli terhadap siswanya.
5. Memanfaatkan data untuk memprakarsai upaya peningkatan
prestasi belajar siswa dan praktik pendidikan di sekolah maupun di kelas secara
terus menerus.
6. Menjaga agar setiap orang dapat memfokuskan pada prestasi
belajar siswa.
7. Menjadikan para orang tua sebagai mitra dan membangun
kolaborasi untuk kepentingan pendidikan siswa.
8. Memahami proses perubahan dan memiliki kepemimpinan untuk
dapat mengelola dan memfasilitasi perubahan tersebut secara efektif.
9. Memahami bagaimana orang dewasa belajar (baca: guru dan staf)
serta mengetahui bagaimana upaya meningkatkan perubahan yang bermakna sehingga
terbentuk kualitas pengembangan profesi secara berkelanjutan untuk kepentingan
siswa.
10. Memanfaatkan dan mengelola waktu untuk mencapai tujuan dan
sasaran peningkatan sekolah melalui cara-cara yang inovatif.
11. Memperoleh dan memanfaatkan berbagai sumber daya secara
bijak.
12. Mencari dan memperoleh dukungan dari pemerintah, tokoh
masyarakat dan orang tua untuk berbagai agenda peningkatan sekolah.
13. Belajar secara terus menerus dan bekerja sama dengan rekan
sejawat untuk mengembangkan riset baru dan berbagai praktik pendidikan yang
telah terbukti.
Sumber:
adaptasi dari : The Principal
Internship:How Can We Get It Right? www.sreb.org
Refleksi untuk Anda:
Menurut analisis kritis Anda, bagaimana kondisi nyata kepala sekolah di
Indonesia dikaitkan dengan ketigabelas faktor di atas?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar