Mengutip
pemikiran Davis dan Margareth A. Thomas dalam bukunya Effective Schools and
Effective Teachers, Suyanto dan Djihad
Hisyam (2000:29) mengemukakan tentang beberapa kemampuan guru yang
mencerminkan guru yang efektif, yaitu mencakup :
1. Kemampuan yang terkait dengan
iklim kelas :
§
memiliki
kemampuan interpersonal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati, penghargaan
kepada siswa, dan ketulusan;
§
memiliki
hubungan baik dengan siswa;
§
secara tulus
menerima dan memperhatikan siswa;
§
menunjukkan
minat dan anthusias yang tinggi dalam mengajar;
§
mampu
menciptakan atmosfer untuk bekerja sama dan kohesivitas dalam kelompok;
melibatkan siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan
pembelajaran;
§
mampu
mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap
diskusi; dan
§
meminimalkan
friksi-friksi di kelas jika ada.
2 Kemampuan yang terkait dengan strategi
manajemen :
§
memiliki
kemampuan secara rutin untuk mengahadapi siswa yang tidak memiliki perhatian,
suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu memberikan transisi dalam
mengajar; serta
§
mampu bertanya
atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berfikir yang berbeda.
3. Kemampuan yang terkait dengan
pemberian umpan balik dan penguatan (reinforcement) :
§
mampu
memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa;
§
mampu memberikan
respon yang membantu kepada siswa yang lamban belajar;
§
mampu memberikan
tindak lanjut terhadap jawaban yang kurang memuaskan; dan
§
mampu memberikan
bantuan kepada siswa yang diperlukan.
4. Kemampuan yang terkait dengan
peningkatan diri :
§
mampu menerapkan
kurikulum dan metode mengajar secara inovatif;
§
mampu memperluas
dan menambah pengetahuan metode-metode pengajaran; dan
mampu memanfaatkan perencanaan kelompok guru untuk menciptakan metode
pengajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar