Selamat Datang di Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Nurulhuda Cibojong Cisurupan Garut

Senin, 24 Oktober 2011

Kecepatan Membaca Penting dalam Kesuksesan Belajar

Banyak orang yang membaca buku, artikel, makalah, surat kabar, menghabiskan waktu berjam-jam untuk dapat mengambil pengertian dari suatu tulisan. Hal ini tentunya sangat tidak efektif dan akan kalah bersaing karena tuntutan untuk mengambil pengertian secara cepat sangat mendesak. Banyak orang berhasil dalam studi sampai ke perguruan tinggi karena mereka cepat mendapat informasi dari berbagai tulisan, banyak buku yang ia dapat baca, banyak artikel yang ia dapat baca dalam waktu singkat.

Ada orang yang membaca sebuah buku sampai berhari-hari atau mungkin berminggu-minggu atau bahkan mungkin berbulan-bulan dan bahkan ada yang sampai tahunan untuk membaca sebuah buku saja. Akibatnya, tentunya, ilmu yang dapat ia ambil hanya sebatas satu buku itu saja. Hal ini sangatlah tidak dapat dipakai, karena seorang mahasiswa misalnya dituntut untuk banyak membaca buku.

Coba bayangkan seandainya seorang mahasiswa hanya dapat membaca satu buku dalam satu bulan yang tebalnya kira-kira 350 halaman. Satu semester ia hanya dapat menamatkan kira-kira 4 sampai 6 buku. Sedangkan satu semester perkuliahan rata-rata ada lima bahkan lebih mata kuliah. Seandainya satu mata kuliah harus baca buku rujukan satu maka waktu untuk membaca semua buku rujukan satu semester tidak cukup, karena mahasiswa tidaklah membaca buku saja setiap waktunya, dia juga harus refresing, juga harus jaga kesehatan dengan melakukan kegiatan berolah raga, juga harus menjaga kebersihan diri dan lingkungannya dengan membersihkan kamar tidur, tempat belajar, mencuci pakaian dan sebagainya, waktunya tidak mencukupi jika buku yang harus dibaca hanya tamat dalam waktu sebulan satu buku!

Ukuran membaca adalah jumlah kata permenit, dalam satu menit seseorang dapat membaca berapa kata? Setiap orang berbeda-beda kecepatan membacanya. Anda bisa ukur sendiri kecepatan membaca anda berapa kata permenit?

Kegiatan membaca adalah kegiatan mencari informasi. Sehingga jika tujuan mencari informasi tercapai maka ada yang berpendapat kegiatan membaca tidak perlu diteruskan lagi. Jadi menurut pendapat para peneliti membaca efektif, tidak perlu membaca sampai habis satu buku, cukup ambil pengertiannya saja dan kegiatan membaca sudah bisa diakhiri.

Memang ada gunanya kita membaca tiap kata dari awal sampai akhir buku, dan buku itu dibuat untuk dibaca dari awal hingga akhir. Dan orang yang membaca satu persatu kata dari awal hingga akhir jauh lebih mendalam pengertiannya dibanding orang yang tidak membaca keseluruhan isi bukunya. Tetapi ini sangat membutuhkan waktu lama sedangkan kebutuhan akan pengertian dari buku tersebut sangat mendesak. Bagaimana mungkin jika seseorang yang membaca satu buku memakan waktu berbulan-bulan tentunya ia akan ketinggalan banyak informasi dan kebutuhan akan tugas belajar seperti mahasiswa sangat mendesak. Dan perkuliahannya akan gagal dalam mendapatkan pengertian jika ia hanya dapat menamatkan satu buku dalam satu semester!

Ada beberapa Tehnik membaca cepat yaitu dengan metode scanningyaitu memindai dan yang kedua yaitu tehnik dengan cara scheeming. Yang nanti untuk posting berikutnya akan dijelaskan tentang dua metode cara membaca tersebut, insya allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar